Minggu, 10 Januari 2021

Mengenal Paradigma Pemrograman Berorientasi Obyek

 Paradigma Pemrograman Berorientasi Obyek 

Ide dasar pada bahasa berorientasi obyek (POB) adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit. Unit ini di kenal dengan nama obyek. Obyek sebenarnya mencerminkan pola kerja manusia dalam kehidupan kerja sehari-hari. Sebuah obyek dapat diibaratkan sebagai departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis. 

        

   Contoh departemen:  

  • Penjualan 
  • Akuntan
  • Personalia 
Pembagian departemen dalam perusahaan merupakan upaya untuk memudahkan pengoperasian perusahaan. Sebagai gambaran, jika anda seorang menejer penjualan di Kantor Pusat ingin mengetahui data personalia salesmen di suatu kantor cabang, apa yang anda lakukan? Langkah yang anda tempuh pasti tidak datang secara langsung ke ruang personalia dan mencari data pada berkas-berkas yang ada pada departemen personalia sesuai yang anda butuhkan. Masalah bagaimana dan siapa yang mencarikan laporan yang diperlukan bukanlah menjadi urusan anda. Analogi dengan hal ini, kalau seseorang bermaksud menggunakan obyek, ia cukup mengirim suatu pesan ke obyek dan obyek itu sendiri yang akan menanganinya.
 
Bisa dibayangkan, betapa repotnya anda kalau anda sebagai manejer penjualan harus mencari sendiri berkas-berkas yang ada pada departemen personalia. Barangkali anda malah bakal mengobrak-abrik berkas-berkas yang sudah tersusun rapi. Kejadian semacam inilah yang dihindari pada konsep pemrogaman berorientasi obyek. Sebuah gambaran tentang obyek yang berisi data dan fungsi yang memanipulasi data dapat dilihat pada Gambar 1. 
 
Gambar 1.
Data dan fungsi pemanipulasian data pada suatu obyek
  

 Konsep dasar object (object Oriented) meliputi tiga hal: 
  • Is Identical (because Object has own unique ID), yaitu object tersebut mempunyai identitas tersendiri dapat dibedakan dengan yang lain  
  • Has Behavior (because Object has Method), yaitu object itu mempunyai prilaku atau sifat-sifat yang khusus
  • Has State (because Object has instance parameter), object mempunyai ukuran yang baku.  
Dalam suatu sistem yang komplek seperti dalam proyek manajemen sering kita jumpai objek-objek suatu kelas mempunyai relasi/hubungan dengan object-object dikelas yang lain. Secara umum relasi object dapat dibedakan menjadi tiga dasar hubungan yaitu :
  • Is-a (Generalization, Realization: Inheritance). 
  • Has-a (Association). 
  • Others (Association , Dependency)  

 Karakteristik Obyek      

Untuk lebih jelasnya karakteristik objek tersebut dijelaskan sebagai berikut :     

Gambar 2. Contoh Objek

  •  Identitas berarti data diukur mempunyai nilai tertentu yang membedakan entitas dan inilah yang disebut objek Suatu contoh: Singa merupakan obyek dari binatang buas, Manusia merupakan obyek dari makhluk hidup ciptaan Allah SWT, keyboard merupakan objek dari perangkat keras komputer, mobil merupakan objek dari alat transportasi. Setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya, sehingga dua objek dapat berbeda walaupun bila semua nilai atributnya identik. Lebih jelasnya lihat gambar 3. Objek didunia nyata sangatlah sederhana, tetapi dalam pemrograman mempunyai penanganan yang unik dan tidak sederhana di dunia nyata. Penanganannya bisa saja dinyatakan dengan beberapa cara, seperti alamat, indeks, dari array atau nilai unik dari atribut. Referensi objek seragam dan independen dari sisi objek, memperbolehkan campuran kumpulan dari objek yang dibuat, seperti file dalam direktori yang berisi file dan subdirektori. 
  • Klasifikasi berarti suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan prilaku (operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup yang disebut kelas. Sesuai dengan contoh di atas maka hewan buas, makhluk hidup, komputer, dan alat transportasi adalah contoh dari kelas. Kelas menunjukkan abstraksi yang menjelaskan sifat penting pada suatu aplikasi dan mengabaikan yang lain. Setiap kelas menunjukkan suatu kumpulan infinite yang mungkin dari objek. Suatu obyek dapat dikatakan sebagai instans dari kelas. Setiap instans dari kelas mempunyai nilai individu untuk setiap nama atribut dan operasi, tetapi memiliki bersama atribut dan operasi dengan instans lain dalam kelas. Gambar di bawah ini menunjukkan dua kelas dengan beberapa instans yang berhubungan dengannya.

 

Gambar 3. Contoh obyek dengan properti

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak vidio berikut

 Dalam dunia nyata, suatu operasi adalah suatu abstrak dari analogi prilaku terhadap obyek-obyek yang berbeda. Setiap objek mengetahui bagaimana melakukan operasinya. Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, secara otomatis bahasa akan memilih metode yang tepat untuk menjalankan operasinya berdasarkan nama dimana dilakukan operasi terhadapnya. Pengguna dari operasi tidak perlu khawatir berapa banyak metoda yang terdapat dalam implementasi. Kelas baru dapat ditambahkan tanpa mengubah code yang sudah ada, melengkapi metoda adalah melengkapi operasi yang dapat dilakukan terhadap kelas baru. 

 

Download Modul PBO Lengkap Disini ......

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

  PERKEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK Sejarah Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak